Jumat, 26 Juni 2015

MENGENAL MODUS PENIPUAN JUAL BELI MELALUI INTERNET

Jual beli melalui internet sudah tidak ramah lagi. Banyak penipuan yang dilakukan penjual maupun pembeli. Beli barang ketipu itu wajar, kalo dibujuki pembeli...itu kebacut. Tapi inilah kenyataan sebenarnya. Beberapa minggu mencoba menjual kue kering online sudah ketemu seorang pembeli yang juga seorang penipu. Untung, saya tidak serakah sehingga tidak sampai tertipu. Saya akan menceritakan cara penipuan jual beli yang baru saya alami, dilajutkan dengan jenis penipuan internet lainnya dan saya tutup dengan tips menghindari penipuan online.

PENIPU YANG MENGAKU SEBAGAI PEMBELI

Bisakah seorang pembeli menipu penjual ? Bisa...sangat bisa sekali. Sekalipun kemungkinannya kecil, tapi toh tetap saja ada yang ketipu.  Modus penipuannya sama, yaitu :
1. Penipu mengubungi anda melalui nomer handphone.
2. Dia membeli dalam jumlah yang cukup besar
3. Penipu mengirimkan sms bukti transfer ke ponsel anda
4. Anda diminta mengecek saldo
5. Anda akhirnya malah mentransfer uang anda ke rekening si penipu.
6. Duaaar..... anda tersadar telah ketipu.... loh ? Yang beli kan dia, kenapa aku malah transfer ke rekeningnya....^-^'
Itulah yang saya alami beberapa minggu lalu. Darimana si penipu tau  barang dagangan saya ? Katanya sih dari Indonetwork.co.id. Ini aneh sekali karena saya baru pasang lapak saya satu hari sebelumnya. Aneh karena tidak muncul di google dan di indonetwork halaman depan pencariannya.  Saya kan member gratisan, jadi sudah pasti lapak saya terkubur di bagian belakang. Kok bisa tahu ya? Itulah kerjaan seorang penipu, mencari orang-orang yang bisa ditipu. Sekalipun dia harus melihat ratusan halaman indonetwork.
Ciri - ciri toko online palsuPenipu mempunyai banyak waktu, tidak seperti kita. Makanya dia sukses menipu. Dia fokus dengan keahliannya, dia belajar dari kesalahan dan pantang menyerah. Jika anda seorang pebisnis yang berhenti setelah beberapa kali kegagalan, maka sikap mental anda lebih rendah dari seorang penipu. Penipu aja berani mencoba sesuatu yang kemungkinannya 1:1000, kenapa anda tidak ? Wah....ternyata ada pesan moral yang bisa kita pelajari dari seorang penipu ! Kalo anda baru saja ketipu, jangan putus asa, teruslah maju. Jadikan hal ini sebagai pengalaman supaya anda tidak bisa ditipu lagi.
Pagi itu, handphone saya berbunyi...."Pak saya mau beli kue kering cocola anda, 100 dos. Harganya saya minta sekian rupiah. Lokasi saya di kota X. Dan nama saya Mr.X. Kapan bisa dikirim ? Kalo hari ini bisa, langsung saya lunasi sekarang juga. Kalau dikirim besok, saya akan DP 50% sekarang. Sisanya akan saya transfer kalo barang sudah dikirim."
Pak X ini sopan sekali, suaranya kebapakan. Selalu bilang maaf menggangu pak, terima kasih, maaf merepotkan. Pokoknya super sopan... anda tidak akan pernah menyangka kalau sebenarnya dia akan menipu anda.... Anda harus sadar bahwa seorang penipu mampu menjadi apa saja demi keberhasilannya. Penipu menghalalkan segala cara, raja tega dan bisa muncul bak dewa penolong di waktu anda kepepet. Mungkin anda harus menonton filmnya George Clooney yang berjudul Ocean's Eleven dan Ocean,s Twelve yang topiknya tentang penipuan juga. Dua film itu berhubungan, jadi sebaiknya ditonton secara berurutan.
Kemudian Pak X yang sopan mengirim sms bukti transfer ke ponsel saya. Selang 15 menit, Pak X menelepon saya, dengan nada terburu-buru. Menginformasikan sudah transfer dan tanya kapan barang mau dikirim. Saya bilang belum ngecek ke PakX, padahal sebenarnya sudah tak cek melalui internet banking saya. TIDAK ADA UANG YANG MASUK ! Saya pikir bca sedang error, sehingga transferannya tidak masuk. Tapi gak mungkin, soalnya sudah ada bukti m-bca yang di-sms-kan ke saya.
Penipuan dengan sms mbca palsuSetahu saya, transfer sesama bca langsung masuk, tidak peduli dari kota mana. BCA itu online, semua transaksi sesama rekening BCA pasti langsung masuk. Tapi karena Pak X yang sopan, maka saya kurang enak bilang kalo belum masuk. Saya pilih belum ngecek saja supaya lebih netral. Sejam kemudian, saya cek lagi. Tetap tidak ada transaksi. Lalu saya lihat sms m-bca yang dikirimkan ke saya, takut kalau saya salah kirim nomer rekening. Ternyata nama saya disingkat, bukan nama lengkap saya.
Aneh.... lalu saya lihat sms m-bca milik saya. Loh... keluarnya di sms bukti transfer muncul nama lengkap orang yang saya kirimin. Lah ini kok nama saya sendiri disingkat ? Wakakakakak... penipu yang malas ! Dari sini, saya yakin 100% kalau itu sms mbanking palsu. Pantesan gak muncul di rekening saya. Sialaaan....ampir aja ketipu !
Yah, Tuhan adalah pelindung dan penjaga kita selama kita tidak serakah ! Dibutakan oleh keuntungan yang akan kita dapatkan jika transaksi ini Gol. Keserakahan adalah sifat yang di-incar oleh para penipu.Tapi faktanya, semua kejatuhan yang kita alami disebabkan oleh sifat serakah kita. Serakah itu baik, membuat orang maju, mendorong semangat dan menciptakan inovasi baru. Jadi, ada waktunya anda harus serakah dan ada masanya juga tidak boleh serakah. Ingat baik-baik prinsip dasar ini supaya anda tidak ketipu atau malahan menjadi penipu.

PENIPUAN MELALUI FACEBOOK

Saya belum pernah tertipu melalui facebook, teman maya saya yang mengalaminya. Dia tidak secara langsung mengatakan tertipu....
Bagaimana cara penipuan melalui facebook ? Modus operasi penipuan facebook lebih halus dan membutuhkan waktu yang lama. Tujuannya adalah menjalin hubungan dan meningkatkan kepercayaan terlebih dulu baru kemudian menipu korbannya. Penipu ini termasuk orang yang kejam. Ibarat seperti manusia pemakan manusia, korbannya di kasih makan yang enak-enak dulu supaya montok. Setelah korban jadi gendut langsung di sate ! Nikmat bukan !
Cara penipu facebook mencari targetnya itu melalui browsing blog. Anda memiliki blog ? Pengguna aktif facebook ? Aktivis forum ? Hati-hati dengan jenis penipuan yang menggunakan hubungan baik dan kepercayaan ini. Sebagaimana saya katakan sebelumnya, penipu menggunakan segala macam cara untuk menipu korbannya. Dia bisa tampil sebagai seorang anak miskin yang baru mengenal internet, seorang gadis manis yang disiksa oleh orangtuanya atau seorang istri baik yang dililit hutang suaminya. Facebook itu gratis,  informasi di dalamnya bisa benar, dan juga bisa palsu. Ini dunia maya man ! Ini internet bro !
Modus Penipuan melalui facebookFoto profil di facebook tidak selalu foto sebenarnya. Album fotonya bisa saja cewek manis berpakaian seksi tapi sebenarnya seorang pria penipu. Sebaliknya, foto profil facebooknya bisa saja pria jelek, item, gondrong tapi berhati domba ! Update statusnya bisa saja pesan-pesan mulia tetapi hatinya busuk ! Teman-teman facebooknya  bisa ratusan tetapi kloningannya.  Toh hanya butuh beberapa menit saja membuat akun baru di facebook. Mungkin dia menggunakan semua akun tersebut untuk menyesuaikan diri dengan anda ! Waspadalah ! Penipuan terjadi karena adanya kesempatan !
Anda bisa membaca salah satu kasus penipuan melalui facebook ini di kompasiana, judulnya Apakah benar ini orang termiskin di Kompasiana ?  

PENIPUAN MELALUI IKLAN TOKOBAGUS

Cara penipuan di toko bagus ini melalui komentar. Si Penipu mengisi komentar dengan menggunakan nama pemasang iklan tapi mengubah nomer telepon asli dengan nomer telepon si penipu. Kira - kira begini isi komentarnya :
"Untuk anda yang tertarik dengan barang saya, silahkan mengubungi nomer blablabla karena nomer lama saya sudah tidak aktif lagi."
atau ini: kreatif bener....
info "hati2 dngn komentar2 yang menatasnamakam no tlpn/iklan kami krn no diatas sudah kami ganti hub no baru kami blablabla

Saya tidak bisa membayangkan nama baik pemasang iklan yang tercemar gara-gara ulah si penipu ini. Tiba-tiba saja ada orang yang telepon kita sambil marah-marah karena sudah mentransfer uang tapi barang tidak nyampe-nyampe. Ditelepon gak diangkat, di sms gak dibales ! Akhirnya coba telepon anda dan diangkat ! Penjual aslinya kena marah-marah tok ! Sialan lu tukang tipu !


PENIPUAN MELALUI WEBSITE HARGA MURAH SEKALI

Jenis penipuan ini lebih canggih dan bonafit. Si penipu benar-benar membuat website toko online. Saya tegaskan lagi, benar-benar website yang ekslusif. Disainnya rapi, testimoni pelanggannya banyak, barangnya terbaru dan harganya miring sekali. Saking murahnya, anda akan menjadi orang yang berotak miring jika tidak tergiur untuk membelinya.  Barang 5 juta di pasaran  akan dijual menjadi 3 juta. Barang baru, 100% new, bukan barang bekas.
Hebatnya, penipuan dengan menggunakan website fiktif ini dilengkapi dengan fotokopi segala tetek bengek untuk meyakinkan anda. Ada KTP pemilik situs, ada surat pendirian usaha, ada alamat yang cukup lengkap. Saya katakn cukup lengkap karena tidak ada nomernya....wakakakakak. Nama jalannya sih ada, tapi gak ada nomernya. Memang ada nomer telepon si penjual, tapi semuanya nomer handphone, bisa CDMA atau GSM. Tidak ada nomer telepon PSTN milik telkom.

Sekila, hal ini memang wajar, karena kita mobile. Untuk memudahkan komunikasi, lebih enak pake nomer hp yang bisa kita bawa kesana kemari. Nah, disini saya baru menemukan manfaat terbesar Blackberry. Alasan utama penipu tidak pernah menggunakan blackberry atau menampilkan PIN BB di internet itu karena blackberry itu bisa dilacak keberadaannya (kalo tidak salah). Alasan lainnya, Blackberry bisa di kunci melalui servernya. Artinya, blackberry itu tidak bisa dibuat telepon maupun di buat BBM-an.
Bayangkan, jika website yang asli saja bisa -  bisa fiktif, apalagi website yang gratisan. Jika website yang disainnya ekslusif saja tidak bisa dipercaya apalagi website yang tampilannya biasa-biasa saja. Jadi apa yang harus anda lakukan agar terhindar penipuan internet ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar